Mau Komplain ke Perusahaan Asuransi Mobil?

Setiap nasabah car insurance berhak untuk mengajukan komplain ke perusahaan asuransi apabila nasabah tidak mendapatkan layanan yang maksimal dan merasa dirugikan oleh pihak perusahaan. Tidak hanya untuk asuransi mobil saja, perusahaan yang menawarkan produk-produk asuransi lainnya pun layak untuk dikomplain bila pemegang polis tidak mendapatkan hak-hak mereka. Anyway, apakah Anda seorang pemegang polis asuransi mobil yang ingin mengajukan komplain ke insurance company? Jika iya, ada baiknya untuk mengikuti tips di bawah ini agar tidak salah paham dan rugi sendiri nantinya:

Pastikan dulu akar masalahnya apa

Anda tidak bisa mengajukan komplain apabila hal yang dikeluhkan tidak termasuk dalam perlindungan atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sebagai contoh, bila di dalam polis tidak tertera layanan berupa ambulance gratis dan Anda komplain gara-gara Anda tidak mendapatkan layanan ini, jelas perusahaan tidak berhak dikomplain. Begitu juga halnya, bila Anda membeli asuransi kendaraan total lost only yang mana jenis asuransi ini hanya memberikan ganti rugi apabila kendaraan mengalami 75% kerusakan atau lebih. Ini berarti bahwa bila hanya lecet atau goresan yang dialami, Anda tidak bisa mendapatkan ganti rugi.  Nah, bila Anda komplain karena hal ini, jelas itu bukanlah hal yang tepat. Pihak asuransi tidak akan memberikan uang ganti rugi atau memberikan layanan khusus terkait komplain yang diajukan karena itu bukan area mereka. Oleh karena itu, pastika dulu akar masalahnya apa dengan teliti agar tak terjadi salah paham.

Cek apakah hal yang ingin dikomplain masuk dalam jaminan perlindungan

Seperti yang sudah dikatakan di poin sebelumnya, Anda tidak bisa mengeluh kepada pihak asuransi apabila hal-hal yang dikomplain tidak termasuk dalam jaminan perlindungan. Namun, ini tidak hanya soal hal-hal apa saja yang termasuk dalam proteksi asuransi tapi juga masalah layanan konsumen yang mereka berikan. Seandainya, Anda menghubungi perusahaan dan mengajukan sejumlah pertanyaan tapi staf layanan konsumen tidak memberikan informasi yang jelas, marah-marah, atau tidak sopan, Anda berhak melakukan komplain. Begitu juga bila pihak asuransi sulit dihubungi, Anda pun berhak mengomplain mereka.

Oya, apa saja yang termasuk dalam jaminan perlindungan? Jawabannya tergantung pada peraturan dan kebijakan perusahaan asuransi masing-masing. Misalnya, pihak asuransi hanya memberikan perlindungan ketika kendaraan mengalami kerusakan ketika dikendarai nasabah. Namun, bila kendaraan digunakan oleh orang lain, proteksi bisa saja tidak diberikan oleh pihak asuransi.

Gunakan kata-kata yang tepat

Pastikan untuk tidak cepat naik pitam dan mengikuti emosi Anda ketika mengajukan komplain. Anda boleh kesal dan kecewa tapi bukan berarti bahwa Anda harus “patuh” dengan emosi. Sadari bahwa dengan terbawa emosi ketika mengajukan komplain, ada kemungkinan besar bahwa Anda akan menggunakan kata-kata yang tidak tepat, tidak sopan, tidak baik, dan tidak manusiawi. Anda mungkin akan menghina dan memaki perusahaan bila sudah dikendalikan oleh emosi. Perlu diketahui bahwa pihak perusahaan tidak akan tinggal diam bila Anda sudah melakukan hal ini. Mereka pun bisa saja mengambil langkah hukum karena pencemaran nama baik yang sudah anda lakukan. Dengan demikian, Anda pun akan berurusan dengan pihak kepolisian. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang tepat agar pihak asuransi tidak akan malas untuk menanggapi keluhan Anda. Mereka pun akan mencari solusi dan memberikan jalan terbaik untuk mengatasi keluhan tersebut. Bagaimana jika mereka tidak memberikan tanggapan padahal sudah menggunakan kata-kata yang tepat? Sampaikan kembali keluhan atau kunjungi kantor mereka langsung agar masalah yang ada segera terselesaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *